Minggu, 02 Juni 2013

geografi termasuk mapel "gampang atau mudah"?

8 tahun jadi guru mata pelajaran geografi di MAN...saya banyak menemui keluhan siswa-siswa saya dalam belajar geografi. Ada yang mengatakan geografi itu membosankan karena banyak hafalan, terlalu luas materinya, banyak istilah yang baru mereka tahu dan sebagainya. Mereka (siswa-siswa saya) mungkin ada benarnya...karena yang nampak dari geografi memang seperti itu.


Yang jadi masalah  adalah banyak siswa-siswa era modern ini mengalami penurunan dalam hal membaca mata pelajaran yang notabenenya harus banyak membaca, akhirnya berimbas pada prestasi belajarnya.
Saya seringkali mengatakan pada siswa-siswa saya untuk sering-seringlah membaca pelajaran yang banyak hafalannya, maka tanpa harus menghafal mereka akan mudah mengingatnya, itu pemikiran dari pihak saya sebagai guru. Berbeda dengan yang dirasakan siswa, mungkin pelajaran geografi dirasa sulit dan membosankan bisa jadi karena metode guru dalam memberikan materi, terlalu banyak ceramah atau materinya terlalu monoton dan lainnya.
Beberapa hari ini saya mengikuti diklat untuk membuat media pembelajaran melalui Powerpoint. Sungguh belajar di usia yang tidak muda lagi adalah satu hal yang cukup berat, tetapi karena keinginan  untuk mengubah metode dalam membimbing siswa-siswa saya supaya bisa lebih mencintai geografi membuat saya bersemangat, dengan harapan kalo siswa sudah mencintai geografi pasti akan rajin membaca dan nantinya akan terjadi peningkatan prestasi ataupun nilai belajarnya. Mari terus semangat belajar....kalo mau pasti bisa!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar